Strict Standards: Only variables should be passed by reference in /home/pppkpet1/public_html/subdomain/librarypetra/lib/lang/php-gettext/gettext.php on line 66
Framework Codeigniter
 
Perpustakaan Digital
Pusat Penelitian dan Pengembangan Pendidikan PPPK Petra
Select Language
Simple Search

Advanced Search
Title :
Author(s) :
  • SEARCHING...

Subject(s) :
  • SEARCHING...

ISBN/ISSN :
GMD : Collection Type : Location :
Link

- PPPK PETRA
- HUT 60 PPPK PETRA
- PERTUKARAN PELAJAR 2011
- TABLOID GEMA PETRA
- TABLOID SINERGI
- ALUMNI PPPK PETRA

RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Framework Codeigniter
Edition Cetakan 1, Oktober 2012
Call Number L21-15
ISBN/ISSN 978-602-8758-89-5
Author(s) Betha Sidik
Subject(s) Information Technology
Classification L21
Series Title
GMD Text
Language Indonesia
Publisher Informatika
Publishing Year 2012
Publishing Place Bandung, Indonesia
Collation
Abstract/Notes Pembahasan meliputi :
1. Menyiapkan CI dalam server web
2. Step by step menggunakan CI
3. Pemrograman MVC dengan CI
4. Helper
5. Class URI dan segmentasi
6. Konfigurasi Aplikasi dalam CI
7. Fungsi dalam controller dan model
8. View dan helper HTML
9. Form dalam CI
10. Input dan pemfilteran dalam CI
11. Librari CI
12. Database dengan Codeigniter
13. Baca/Tulis Data Excel
14. Upload dan download dengan CI
15. Session dalam CI
16. AJAX dengan jQuery

Teknik pemrograman MVC (Model View Controller) merupakan salah satu teknik pemrograman terbaik dan digunakan oleh banyak bahasa pemrograman saat ini. Buku ini juga membahas bagaimana melakukan teknik pemrograman MVC secara langkah demi langkah, sehingga pembaca dapat memahami dan menguasai bagaimana berpindah gaya pemrograman, dari teknik konvensional menjadi menggunakan teknik MVC.
Codelgniter (CI) sebagai framework pemrograman PHP mengimplementasi teknik pemrograman MVC dengan pendekatan yang sangat luwes atau tleksibel. Pemrogram dapat menggunakan teknik MVC secara sebagian atau seutuhnya, dengan tidak terlalu banyak persyaratan yang harus dipenuhi seperti banyak dilakukan oleh banyak framework lain.
Bagaimana membuat controller, kapan harus membuat view baru, dan kapan harus membuat model untuk aplikasi juga dijelaskan. Mengapa? Karena CI memungkinkan pemrogram untuk memutuskan akan menggunakan komponen view dan model atau tidak.
Pemrograman database dengan berbasis web menjadi salah satu materi yang dibahas secara khusus, disertai contoh dengan teknik query menggunakan SQL dan Active Record. Bagaimana kita menggunakan helper dan librari yang berhubungan dengan aplikasi database juga ditekankan, sehingga data dapat divalidasi dan difilter terlebih dahulu sebelum disimpan ke dalam database.
Dalam buku ini juga dibahas teknik pemrograman AJAX dengan menggunakan librari JavaScript jQuery, untuk membuat program yang kita buat menjadi lebih ringan, interaktit, dan lebih responsil. Contoh aplikasi database dengan teknik AJAX dan Codelgniter juga diberikan dan dibahas, sehingga pembaca atau pemrogram dapat memilki gambaran yang komprehensil tentang aplikasi web berbasis AJAX.
Selain itu juga akan dibahas tentang URL, URI. session dan cookies dengan menggunakan Codelgniter. Bagaimana membuat form dengan menggunakan helper dari CI, membuat pagination data yang ditampilkan, sehingga data dapat dengan mudah ditampilkan secara sebagian-sebagian.
Upload tile ke server dengan menggunakan librari dari CI, dan bagaimana bisa membuat aplikasi download data dari server, dengan browser web akan menampilkan dialog untuk menyimpan (save) tile; tidak menampilkan data di dalam browser.
Specific Detail Info Framework Codeigneiter - PHP - Menggunakan framework codeigniter 2.X untuk memudahkan pengembangan pemrograman aplikasi web dengan PHP 5 - Disertai CD Penunjang
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous